Di tahun 2016, INKA telah membuat beberapa set rangkaian kereta api baru untuk kelas eksekutif dan ekonomi yang akan digunakan untuk menggantikan kereta milik PT KAI yang sudah berumur cukup tua, tua disini artinya telah mengalami masa dinas diatas 30 tahun. Beberapa rangkaian baru ini sudah bisa kita lihat dan rasakan di beberapa kereta api unggulan PT KAI antara lain : Bima, Argo Lawu dan Argo Dwipangga untuk kelas eksekutif.
Untuk exteriornya saya kebetulan belum memiliki fotonya, karena perjalanan malam sehingga kamera ponsel saya tidak bisa memotret dengan jelas, sedangkan saat mengeluarkan kamera digital saya merasa kurang nyaman karena ada beberapa larangan memotret di stasiun (sebenarnya tidak dilarang karena tidak ada aturan resmi tertulis, hanya saja terkadang ada PKD yang menegur dan memaksa untuk menghapus foto jika sudah terlanjur entah apa alasannya, sungguh aneh menegur tanpa dasar hehe). Jadi karena tidak ada foto exterior saya mengambil foto exterior dari sumber lain. Seperti inilah wujud K1 2016 New Gen
Exterior K1 2016 sumber www.railway.web.id |
Kali ini saya berkesempatan untuk menaiki salah satu rangkaian generasi terbaru 2016 di kereta api Argo Lawu dari Gambir - Purwokerto. Saya mendapat kereta 6 dengan nomor seri K1 0 16 16 SLO.
Kursi K1 16 dengan footrest pegas |
Footrest pegas
Selama perjalanan menurut saya kenyamanan ini jauh dibanding kereta eksekutif generasi sebelumnya, penggunaan bogie baru jenis K10 dengan kode pabrikan TB1014 kurang nyaman karena goncangan terasa sekali dan pengeremannya yang tidak halus.
Selain itu, entah ada peredam suara atau tidak, menurut saya K1 2016 sangat berisik, suara bogie dan decit kampas rem masuk kedalam kereta dengan sangat terasa sehingga seperti naik kereta ekonomi yang berisik.
Untuk hiburan dalam kereta, K1 16 menyediakan KATV. Entah karena suara kereta terlalu berisik atau volume yang kekecilan, film yang ditayangkan hampir tidak terdengar suaranya.
|
Comments
Post a Comment